Sunday, May 12, 2013

Pengalaman Kuliah di Teknik Informatika UNIB

Artikel ini saya buat untuk memberikan pengalaman saya kuliah di Teknik Informatika Universitas Bengkulu dan untuk memenuhi tugas praktikum matakuliah Pemprograman Internet dan E-commerce..
Saya adalah seorang mahasiswi TI  Universitas Bengkulu angkatan tahun 2010. Saya masuk ke Teknik Informatika UNIB melalui jalur SNMPTN . Pengalaman pertama kali menjadi mahasiswa seperti biasa yaitu diawali dengan kegiatan pengenalan kampus atau yang lebih dikenal dengan istilah OSPEK..
Pengalaman OSPEK yang seru, tetapi lelah, karena dilakukan dibulan puasa, yang dimana di OSPEK kita semua di gembleng untuk menjadi anak teknik yang kuat dan mengenal semua teman seperjuangan dan juga dosen serta semua senior.. Ternyata dari kegiatan OSPEK ini sangat berpengaruh dan membentuk watak seorang siswa yang semuanya dipelajari dengan rinci oleh guru tetapi pada saat kuliah semuanya berbeda, kita lebih banyak dianjurkan untuk belajar otodidak dan belajar dengan senior dan teman-teman seperjuangan,. 
Di Teknik Informatika ternyata lebih banyak belajar matematika dan logika untuk melakukan analisa dalam sebuah sistem ataupun jaringan yang akan dibuat dan untuk mengimplementasikan program yang akan dibuat.. Awal sekali saya memasuki jurusan ini saya fikir saya akan mempelajari penggunaan MS.Excel, Install OS dan Program, mempelajari menggunakan photoshop, tapi ternyata semua itu salah. Di Teknik Informatika  kita mempelajari itu semua secara otodidak jika kita ingin mengetahui dan memperdalam tentang hal tersebut.. Dan yang nyata, di  Teknik Informatika  kita lebih banyak memperlajari matematika, logika, analisa dan perancangan sistem, bahasa pemprograman (membuat program/sistem), dan teknologi antar jaringan komputer yang semuanya ternyata jauh dari fikiran awal saya.. Dan disini kita harus memiliki laptop atau komputer sebagai pendukung dalam hal perkuliahan.
Semua kegiatan perkuliahan ini dijalani dengan banyaknya tugas yang selalu datang menghampiri, dan adanya tugas besar juga tugas praktikum yang dikerjakan dengan tulis tangan. Semuanya berat, tetapi semuanya harus dikerjakan dengan sebaiknya.. terlebih disini kita harus harus lebih banyak belajar dan menambah wawasan, karena Teknik Informatika adalah jurusan yang selalu Update dengan adanya teknologi yang semakin hari semakin maju dan berkembang.. Salah satu belajarlah dengan guru yang selalu menemani kita 24jam yaitu Google  karena google adalah dosen yang paling setia kepada kita.. juga kita dapat belajar dari senior-senior yang telah berpengalaman daripada kita dan dari teman-teman seperjuangan.. 
Bagitulah sedikit pengalaman kuliah saya di Teknik Informatika UNIB, Semoga ada manfaat yang dapat diambil dari artikel ini,..
Hidup Teknik..Hidup Teknik..Hidup Teknik...

1 comment:

  1. Kak pernah jumpa materi yg tersulit sulit sekali dan rasanya pngen nyerah,' gag waktu kuliah?

    ReplyDelete